Jadwal Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit



Mengecilkan perut buncit tidak hanya sebatas menjaga pola makan saja, namun harus diimbangi dengan olahraga secara teratur. Dengan mengatur jadwal olahraga mulai dari hari senin sampai minggu dapat mempercepat proses pengikisan lemak perut.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang memiliki perut buncit adalah melakukan latihan sit up secara terus menerus. Latihan sit up tidak akan membakar lemak, namun mengencangkan otot perut. Jadi bagi Anda yang masih memiliki perut buncit sebaiknya melakukan olahraga kardio seperti jogging, jalan kaki, bersepeda untuk membakar tumpukan lemak perut.

Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga Mengecilkan Perut

Kombinasi Latihan Beban dan Kardio

Namun Anda juga harus melakukan latiihan beban sebagai kombinasi dari latihan kardio untuk mengecilkan perut. Latihan beban akan membentuk masa otot sedangkan kardio untuk membakar lemak perut.

Mengangkat barbel warna warni dengan berat satu atau dua kilogram juga merupakan latihan beban. Jadi jangan bayangkan mengangkat beban berat seperti atlit binaraga.

Otot Membantu Proses Pembakaran Lemak Tubuh

Tahukah Anda bahwa otot merupakan jaringan tubuh yang aktif membakar lemak setiap saat, meskipun Anda sedang beristirahat. Jadi semakin banyak jaringan otot maka semakin banyak pula lemak yang dapat dapat dikikis.

Tidak perlu khawatir otot Anda akan kekar karena melakukan latihan beban. Wanita dan pria memiliki perbedaan hormon sehingga latihan beban untuk wanita hanya akan membuat otot lebih kencang dan padat. 

Jadwal Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit.

Seperti yang dikutip dari femina.co.id, berikut ini jadwal lengkap panduan olahraga mengecilkan perut buncit.

Hari Senin

Latihan Dada
Lakukan 4 macam latihan untuk dada, masing-masing 4 set x 10 - 12 repetisi. Misalnya: Push up, dumbbell press (mendorong beban lurus di depan dada), dumbbell flies (mengangkat beban dari tengah dada ke samping).

Latihan Perut
Center crunch, 4 set x 15 - 20 repetisi.
Caranya: Berbaring, tekuk lutut, letakkan jari tangan di sisi telinga, angkat bahu dan punggung dari lantai sambil kencangkan perut.

Latihan Kardio
Jalan cepat 20-30 menit.

Hari Selasa

Latihan Punggung
Lakukan 4 macam latihan untuk punggung, masing-masing 4 set x 10 - 12 repetisi. Misalnya: Lat pull down dan straight arm pull down (menurunkan beban dari atas kepala hingga setinggi bahu)

Latihan Perut
Lying leg raise: 4 set x 15-20 repetisi. Caranya: Berbaring dengan kaki lurus, lalu angkat kedua kaki dari lantai tanpa menekuk lutut, kencangkan perut.

Latihan Kardio
Jalan cepat 20-30 menit.

Hari Rabu: LIBUR

Hari Kamis

Latihan Bahu
Lakukan 4 macam latihan untuk bahu, masing-masing 4 set x 10 - 12 repetisi. Misalnya: Mengangkat beban ke depan dan samping hingga setinggi bahu, dari atas turun ke bahu, atau mengangkat bahu.

Latihan Perut
Center crunch: 4 set x 15-20 repetisi.

Latihan Kardio
Jalan cepat 20-30 menit.

Hari Jumat

Latihan Kaki
Lakukan 4 macam latihan untuk kaki, masing-masing 4 set x 10 -12 repetisi. Misalnya; Squat (seperti setengah jongkok), standing calf raise (jinjit).

Latihan Perut
Side crunch: 4 set x 15-20 repetisi. Caranya: Berbaring menyamping, tekuk kedua lutut. Perlahan tekuk pinggang sambil angkat kepala dan bahu dari lantai.

Hari Sabtu

Latihan Lengan
Lakukan 2 macam latihan untuk triceps (lengan belakang), masing-masing 4 set x 10 -12 repetisi. Misalnya; Dumbbell overhead triceps extension (lengan lurus di atas kepala memegang beban, tekuk siku, lalu angkat beban sambil luruskan lengan).
Lakukan 2 macam latihan untuk biceps (lengan depan), masing-masing 4 set x 10 -12 repetisi. Misalnya: Concentration curl (angkat beban dari setinggi pinggang ke arah bahu).

Latihan Perut
Lying leg raise: 4 set x 15 - 20 repetisi.

Latihan Kardio
Jalan cepat 20 - 30 menit.

Hari Minggu: LIBUR