6 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Mudah



Cara menurunkan berat badan tidak hanya sebatas untuk mendapatkan tubuh langsing ideal, namun juga tentang kesehatan. Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes type 2, tekanan darah tinggi, asam urat, kolesterol tinggi dan berbagai macam penyakit lainnya.

Oleh sebab itu sangat penting menjaga kesehatan tubuh dengan mengikis lemak yang menumpuk dan bonusnya adalah tubuh yang ramping. 

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan

Hal terpenting untuk menurunkan berat badan adalah menjalani gaya hidup sehat mulai dari pengaturan pola makan hingga berolahraga secara rutin dan teratur. Pola makan yang tepat dapat mengurangi jumlah lemak jahat yang masuk kedalam tubuh. Sedangkan olahraga dapat membakar lemak dengan cepat sehingga berat badan akan berkurang.

Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk menurunkan berat badan namun sangat efektif tanpa harus melakukan hal-hal ekstrem yang justru membahayakan kesehatan.

1. Jangan Makan Setelah Jam 9 Malam
Setidaknya tidurlah satu jam setelah makan. Hal ini dikarenakan makanan tidak dapat diproses secara sempurna oleh tubuh jika kita buru-buru tidur setelah makan. Sehingga makanan tersebut berubah menjadi lemak saat kita tertidur.

2. Hindari Makanan Berkalori Tinggi
Hindari beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi seperti jajanan gorengan, keripik, makanan cepat saji, es krim, minuman bersoda, sereal manis, aging olahan (hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya), kuah daging, dan sejenisnya.

3. Minum Air Mineral yang Cukup
Air mineral dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga menghindari makan yang berlebihan. Minumlah air minimal delapan gelas setiap hari, bisa juga minum air sebelum makan agar perut terisi dan cepat kenyang.

4. Perbanyak Asupan Protein dan Serat
Asupan protein dan serat yang cukup ini sangatlah penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Protein dapat membantu menurunkan kadar lemak, Anda bisa mendapatkannya dari tempe, tahu dan makan lainnya. Sedangkan serat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, Anda bisa mendatkannya dari kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan seperti apel, pisang, pir dan alpukat.

5. Lakukan Olahraga
Olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah latihan kardio. Selain dapat menurunkan berat badan, latihan kardio juga dapat mengecilkan perut buncit. Anda dapat melakukan latihan kardio seperti jogging, bersepeda atau berenang. Namun jika cuaca tidak memungkinkan untuk jogging diluar rumah, maka Anda dapat melakukan olahraga berikut ini.

Butt Kick Sxercise

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat 

Cara Melakukannya :
  • Ambil posisi awal berdiri tegak dengan kedua tangan menggenggam dan diangkat ke atas seperti pada gambar.
  • Gerakkan kaki kanan ke belakang hingga tumit hampir menyentuh pantat.
  • Turunkan kaki kanan kemudian ulangi gerakan yang sama dengan menggunakan kaki kiri.
High Knee

 

Cara melakukannya:
  • Awali dari posisi berdiri
  • Punggung tetap lurus dan rileks
  • Lakukan gerakan lari di tempat namun dengan mengangkat lutut setinggi perut

6. Istirahat yang Cukup
Hindari begadang dan dapatkan tidur yang cukup minimal 8 jam setiap hari. Hal ini dapat membuat produksi hormon tetap seimbang, sehingga nafsu makan pun bisa terkontrol dengan baik. Selain itu juga mengembalikan kebugaran tubuh dan memperbaiki masa otot setelah kita berolahraga.

Tidak ada cara instan untuk menurunkan berat badan, semua membutuhkan proses. Lakukan beberapa langkah diatas secara rutin hingga mencapai target berat badan yang Anda inginkan.