Sudah Berolahraga Tapi Perut Tetap Buncit? Berikut Ini Alasannya



Perut buncit merupakan masalah klasik bagi pria maupun wanita. Mengkonsumsi aneka makanan tanpa kontrol merupakan salah satu penyebab perut buncit. Namun ada juga yang beruntung, meski makan apa saja perutnya tetap ramping dan rata.

Apakah Anda sudah berusaha keras berolahraga tapi perut masih buncit? Berikut ini beberapa alasan mengapa perut Anda masih buncit dan susah untuk dirampingkan.

image: bodylasespaformen.com

Makan Sembarangan

Olahraga saja tidak cukup untuk membuat perut langsing. Sekeras apapun Anda berolahraga, tapi jika tidak menjaga pola makan maka tidak akan ada hasilnya. Olahraga bertujuan untuk membakar lemak tubuh. Namun jika setelah olahraga Anda memasukkan lagi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi kedalam tubuh, maka tidak akan terjadi pengurangan lemak. Karena yang masuk dan yang keluar sama saja atau bahkan lebih banyak yang masuk kedalam tubuh.

Hindari berbagai menu makanan penyebab perut buncit seperti junk food, minuman manis, makanan berlemak, snack, keripik, makanan yang digoreng dan sejenisnya.

Stres

Stres ternyata juga berpengaruh terhadap proses pengecilan perut yang Anda lakukan. Saat Anda sedang stres, maka tubuh akan tegang dan mengeluarkan hormon yang dapat menghancurkan massa otot dan menghambat pembakaran lemak.

Faktor Gen

Gen merupakan salah satu faktor yang cukup kuat dalam pembentukan tubuh. Seseorang yang memang bawaan kurus maka sebanyak apapun makan biasanya akan tetap kurus. Bukan berarti seseorang yang gemuk karena faktor bawaan tidak bisa langsing. Anda hanya membutuhkan perjuangan yang cukup keras untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit tersebut.

Dehidrasi

Sedikit minum air dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dapat membuat perut semakin buncit. Karena garam akan mengikat cairan lebih banyak, terutama di area seperti perut. Oleh sebab itu hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, terutama sebelum tidur.

Kurang Latihan

Bisa jadi latihan Anda selama ini masih kurang atau belum maksimal. Untuk mengecilkan perut memang membutuhkan proses. Sebaiknya jangan hanya fokus pada perut saja, latih semuat otot tubuh mulai dari latihan kardio hingga melatih otot di seluruh perut.

Kesalahan umum yang sering terjadi ketika seseorang ingin mengecilkan perut buncit adalah melakukan latihan sit up, crunch atau latihan untuk otot perut lainnya secara terus menerus hingga berbulan-bulan. Namun perut tetap saja buncit dan tidak memberikan hasil yang memuaskan. Fenomena ini dikenal dengan spot reduction, yaitu mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu sesuai keinginan.

Faktanya, bukan dengan cara itu tubuh Anda mengurangi lemak. Tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri yang berfungsi mengatur bagian mana dari tubuh Anda yang akan dikecilkan lebih dahulu. Tugas kita adalah memfasilitasi dan mendukung kinerja tubuh untuk melakukan prosesnya secara maksimal melalui diet dan olahraga.