10 Makanan Berkalori Tinggi yang Wajib Anda Ketahui



Makanan berkalori tinggi memang harus dihindari agar tidak terjadi kelebihan kalori yang dapat membuat perut buncit dan berat badan bertambah. Namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan kalori. Tubuh tetap membutuhkan kalori sebagai sumber energi bagi organ-organ tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Jika tubuh kekurangan kalori, maka organ-organ tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal karena kekurangan energi. Sebaliknya jika terlalu banyak, dapat membuat mereka kelebihan berat badan.

Makanan Berkalori Tinggi

Makanan Berkalori Tinggi

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan serta masa ototnya. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini beberapa daftar makanan dengan kalori tertinggi yang wajib Anda ketahui.

1. Lemak Hewani

Beberapa lemak hewani seperti emak pada daging sapi, kambing, kulit ayam serta minyak ikan menduduki peringkat pertama untuk makanan dengan kalori terbanyak. Setiap 100 gram mengandung 902 kalori yang memenuhi 45% kebutuhan kalori harian tubuh.

2. Minyak Sayur

Minyak sayur menempati posisi kedua yang mengandung kalori cukup tinggi dibawah lemak hewani. Minyak sayur mengandung 884 kalori atau 44% dari kebutuhan kalori harian. Jika Anda ingin menggunakan minyak yang sehat, dapat mencoba minyak zaitun atau kanola yang tidak mengandung trans fat berbahaya.

3. Kacang-kacangan Dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan seperti vitamin, mineral, lemak sehat serta serat. Di sisi lain, makanan ini memiliki kandungan kalori tertinggi ketiga yaitu 719 setiap 100 gram atau 36% dari kebutuhan kalori per hari.

4. Salad Dressing

Salad dengan minyak dan gula memberi Anda kalori hingga 631 dalam 100 gram-nya atau 36% dari kebutuhan Anda sehari-hari.

5. Mentega Dari Kacang

Dalam 100 gram mentega dari kacang mengandung 588 kalori atau 29% dari kebutuhan harian.

6. Junk Food

Junk food seperti snack atau permen dapat membuat kita menjadi gendut jika dikonsumsi secara terus menerus. Kandungan kalori di dalamnya kurang lebih 560 dalam 100 gram-nya atau sekitar 28% dari kebutuhan kalori harian.

7. Cokelat Hitam 

Manfaat cokelat hitam adalah dapat menghilangkan stress, sebagai antioksidan serta banyak nutrisi. Cokelat hitam mengandung 501 kalori dalam setiap 100 gram. Makanan ini bisa menjadi alternatif pilihan saat tubuh membutuhkan energi karena tidak sempat makan.

8. Keju

Keju merupakan makanan yang tinggi kalsium dan makanan sumber protein yang diandalkan oleh para vegetarian. Namun sebaiknya Anda membatasi asupan keju karena jenis tertentu dapat memberi Anda 466 kalori dalam 100 gram-nya atau sekitar 23%.

9. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng dapat memicu kenaikan berat badan karena minyak yang digunakan menduduki peringkat atas yang mengandung kalori tinggi. Dalam 100 gram makanan berminyak ini, terdapat 463 kalori atau 23% dari kebutuhan harian.

10. Aneka Daging Olahan

Aneka daging olahan seperti sosis, nugget dan bakso memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu sekitar 462 atau 23% dari kebutuhan kalori Anda per hari.