3 Pose Senam Pilates Untuk Meratakan Perut dan Mengencangkannya



Senam pilates selain dapat melatih keseimbangan tubuh, ternyata dapat juga dapat mengencangkan dan meratakan perut buncit. Tentu saja Anda harus rutin melakukan latihan senam pilates untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Latihan ini cukup mudah dilakukan dan tidak memakan tempat seperti angkat beban, lari dan olahraga lainnya. Anda hanya membutuhkan matras sebagai alas untuk melakukan senam pilates. Berikut ini 3 pose senam pilates yang dapat mengencangkan perut dan membuatnya rata.

Senam Pilates

Senam Pilates
image copyright: nhs.uk

1. Peregangan dua kaki lurus

Pertama, ambil posisi berbaring telentang dengan kedua kaki lurus di lantai. Kemudian taruh kedua tangan di belakang kepala seperti pada gambar. Angkat kedua kaki lurus ke atas perlahan dengan diikuti kepala dan leher terangkat ke atas sekuat Anda. Lalu perlahan turunkan kaki dan kembali mengangkat kaki ke atas. Ulangi latihan ini 8-10 kali gerakan.

 image copyright : pilates.about.com

 image copyright : pilates.about.com

2. Neck pull

Pose kedua yaitu neck pull. Ambil posisi duduk di atas matras dan kedua kaki dibuka lurus selebar pinggul. Taruh tangan Anda di belakang kepala dan buka lebar seperti pada gambar. Saat mengatur nafas, tahan nafas beberapa detik dan gunakan otot perut untuk menahan nafas hingga perut rata. Kemudian lanjutkan gerakan dengan menarik tubuh ke belakang namun tidak sampai berbaring. Kembali lagi duduk. Ulangi latihan ini hingga 6 kali.

Senam Pilates
image copyright : pilates.about.com

Senam Pilates
image copyright : pilates.about.com

3. Side twist

Pose ketiga yaitu side twist. Saat Anda melakukan side twist, tubuh menahan berat pada satu sisi tubuh saja. Anda dapat memulainya dengan berbaring miring, kemudian mengangkat tubuh perlahan dengan tangan menopang di matras dan kaki lurus ikut mengangkat berat tubuh. Rentangkan salah satu tangan ke atas bahu lurus dan kepala juga menghadap langit seperti pada gambar. Tarik tangan dari atas ke bawah tubuh dan ulangi gerakan ini hingga 8 kali. Ulangi dengan sisi satunya.


Senam Pilates
image copyright : theepochtimes.com

Senam Pilates
image copyright : theepochtimes.com

Pengaturan pernafasan sangat penting saat melakukan senam pilates. Selain dapat memasok oksigen lebih banyak ke otak, pengaturan pernafasan dengan menahan nafas dan menghembuskan secara perlahan dapat melancarkan peredaran darah dan menenangkan. Anda dapat melakukan senam pilates setidaknya 3-5 kali selama seminggu. Sebagai alternatif lain, Anda bisa mencoba gerakan yoga yang juga dapat mengecilkan perut buncit.