6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga



Sudah berolahraga namun berat badan belum juga berkurang? Mungkin ada yang salah dengan pola makan Anda sehari-hari. Sekeras apapun Anda berolahraga, jika tidak menjaga asupan makanan maka olahraga yang dilakukan akan sia-sia.

Tidak menjaga pola makan dengan makan secara brutal sama saja dengan memasukkan kembali kalori yang telah dibakar dengan olahraga. Sehingga tidak terjadi pengurangan berat badan atau bahkan berat badan justru naik.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Dengan menghindari makanan penyebab obesitas dan memperbanyak asupan makanan bergizi secara berimbang dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda coba.

1. Penuhi Asupan Karbohidrat Kompek


Gantilah asupan karbohidrat sederhana seperti nasi dengan karbohidrat komplek yang bisa Anda dapatkan dari oatmeal, beras merah, ubi manis, gandum utuh dan roti gandum utuh. Karbohidrat normal merupakan salah satu penyebab kegemukan, namun berbeda dengan karbohidrat komplek yang sangat baik untuk program diet.

2. Perbanyak Protein

Selain karbohidrat komplek, tubuh juga membutuhkan asupan protein yang bisa Anda dapatkand dari daging, ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, termasuk tempe dan kacang. Untuk pengolahannya sebaiknya jangan digoreng, cukup dikukus, rebus, panggang oven atau tumis dengan sedikit minyak.

3. Hindari Minuman Manis

Minuman manis merupakan salah satu penyebab kenaikan berat badan. Bukan berarti tidak boleh sama sekali, namun sebaiknya jangan berlebihan jika ingin menurunkan berat badan.

4. Hindari Ngemil Makanan Kurang Sehat

Ngemil snack, keripik, goreng-gorengan dan sejenisnya mengandung kalori berlipat-lipat. Oleh sebab itu hindari dan ganti ngemil Anda dengan buah-buahan yang kaya serat seperti apel, buah pir dan lainnya.

5. Ketahui Apa yang Anda Makan

Tentu saja sangat penting membedakan makanan yang berkalori tinggi dan yang tidak. Jika Anda menginginkan berat badan turun, tentu saja harus menghindari beberapa makanan yang berkalori tinggi. Anda dapat membaca komposisi gizi pada kemasan seperti jumlah kalori, karbohidrat, lemak dan proteinnya.

6. Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih minimal delapan gelas setiap hari. Air memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah dapat melancarkan metabolisme tubuh, dapat terhindar dari dehidrasi dan dapat membantu program diet yang membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, maka dapat mengkombinasikan tips diatas dengan olahraga secara teratur. Tidak hanya perut buncit yang dapat diatasi, namun lemak tubuh secara menyeluruh dapat dipangkas.