Cara Mengecilkan Perut Dengan Diet



Diet memang terbukti efektif untuk membuat perut kembali langsing ideal. Memang ada banyak sekali metode mengecilkan perut. Selain dengan diet Anda juga bisa membuat perut rata dengan olahraga. Lemak pada daerah perut memang sangat berbahaya dan harus segera disingkirkan. Karena dengan banyaknya timbunan lemak pada daerah perut dapat membahayakan kesehatan Anda.
Bahaya Perut Buncit
Lemak pada daerah perut disebut dengan visceral fat dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar terutama bagi mereka yang memiliki perut buncit atau timbunan lemak berlebih. Dari sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki perut buncit lebih beresiko terkena penyakit tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gula darah tinggi, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Oleh sebab itu beberapa pakar kesehatan menilai ukuran lingkar pinggang lebih penting daripada berat badan untuk menilai seberapa besar potensi kesehatan dan penyakit orang tersebut.

Untuk itu mengecilkan perut yang buncit menjadi sangat penting selain dapat membuat penampilan tubuh menjadi langsing juga sangat baik terhadap kesehatan. Berikut ini pedoman diet untuk mengecilkan perut seperti yang dikutip dari duniafitnes.com.

Pedoman Diet untuk Mengecilkan Perut

Mengkonsumsi beraneka macam makanan
Tubuh kita memang membutuhkan asupan makanan yang bermacam-macam, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya protein, mengandung lemak baik dan karbohidrat kompleks. Selain itu Anda juga dapat memasukkan kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, almond, hazelnut, dan walnut, juga sumber protein hewani seperti susu ataupun yogurt rendah lemak, ayam, telur, dan daging tanpa lemak, serta sumber protein yang juga kaya lemak sehat seperti ikan.

Untuk sumber lemak sehatnya, Anda dapat mengambil dari minyak zaitun, flaxseed oil, minyak bunga matahari, dan alpukat. Sedangkan untuk sumber karbohidrat, Anda dapat mengkonsumsi beras merah, gandum, ataupun buah seperti anggur, stroberi, apel, serta sayuran hijau seperti bayam, dan lain-lain.

Makan 5-6 kali sehari
Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, sebagai konsekuensi dari mengurangi makan dan berlapar-lapar ketika Anda sedang berdiet, tubuh Anda justru akan mengakumulasi lebih banyak lemak secara cepat. Untuk mencegah akumulasi lemak tersebut Anda dapat membangi porsi makan lima sampai enam kali dalam sehari dalam porsi kecil namun sering.

Memilih minuman yang diminum
Ada beberapa minuman yang mengandung kalori yang tinggi dan sangat rendah kandungan gizinya seperti minuman bersoda, sirup, ataupun minuman beralkohol. Oleh sebab itu sebaiknya hindari beberapa minuman tersebut. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih minuman sehat seperti yogurt drink, jus buah, jus sayuran, susu rendah lemak, dan sebagainya yang dapat membantu mengecilkan perut buncit.

Minum air mineral yang cukup
Tubuh kita memang disarankan untuk mendapatkan asupan air delapan gelas per hari. Dengan tercukupinya asupan air tersebut dapat memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, memfasilitasi penyerapan nutrisi yang baik dan tentu saja dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit.

Hindari stress
Tidur yang cukup dan kondisi tubuh yang relaks wajib Anda dapatkan. Karena dengan adanya stress tubuh melepaskan kortisol, yaitu suatu hormon yang bertanggung jawab untuk timbunan lemak perut Anda. Oleh sebab itu jangan sampai Anda mengalami stress dan hindari hal tersebut dengan cara menyegarkan diri atau refresing.

Dengan melakukan beberapa panduan diet tersebut secara rutin dan disiplin dapat membantu Anda untuk mendapatkan perut yang rata dan langsing. Salah satu cara mengecilkan perut tanpa olahraga tentu saja dengan diet, namun untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat mengkombinasikannya dengan olahraga secara teratur.