5 Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut Buncit



Ada beberapa macam alat fitnes untuk mengecilkan perut yang mudah untuk digunakan. Jadi sebelum pergi ke tempat gym atau membelinya, ada baiknya Anda mengenali fungsi beberapa alat tersebut agar dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Alat fitnes yang digunakan untuk mengecilkan perut erat kaitannya dengan latihan kardio. Karena latihan kardio merupakan latihan yang paling efektif untuk membakar lemak perut dan menurunkan berat badan.

Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut

Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut


Bagi Anda yang masih memiliki masalah perut buncit, memang disarankan untuk melakukan latihan kardio untuk membakar lemak pada area tersebut. Jangan terburu-buru melakukan sit up. Karena latihan sit up bukan untuk mengecilkan perut, namun untuk membentuk otot perut agar lebih kencang.

Selain dapat membakar lemak perut, latihan kardio juga berfungsi untuk membangun kekuatan jantung, membakar kalori, dan yang paling penting melancarkan aliran oksigen dalam darah. Berikut ini beberapa alat fitnes untuk mengecilkan perut buncit:

1. Treadmill

Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut

Treadmill merupakan salah satu alat fitnes yang cara kerjanya seperti jogging, jalan cepat atau jalan santai. Bagian tubuh yang bekerja adalah lower body atau tubuh bagian bawah. Namun Anda dapat melakukan variasi gerakan pada bagian tubuh atas seperti mengayunkan tangan atau dengan memegang barbel.

2. Stationary Bike / Sepeda Statis

alat fitnes untuk mengecilkan perut


Cara kerja stationary bike sama seperti saat kita bersepeda. Yang membedakan adalah stationary bike dilakukan di dalam ruangan, sedangkan bersepeda di luar ruangan. Jika kondisi jalan macet, penuh debu, asap kendaraan bermotor dan polusi udara lainnya, sebaiknya Anda melakukan latihan kardio menggunakan stationary bike.

3. Stepper / Climber

Stepper Climber alat fitnes untuk mengecilkan perut.jpg
Cara kerja Stepper / Climber ini sama seperti saat kita mendaki bukit atau menaiki anak tangga. Karena gerakan ini seperti mendaki atau menaiki anak tangga, maka seluruh beban tubuh bertumpu pada satu lutut secara bergantian. Oleh sebab itu alat ini tidak dianjurkan bagi manula atau osteoporosis.

4. Elliptical


Elliptical alat fitnes untuk mengecilkan perut.jpg



Cara kerja alat ini seperti saat kita jogging, namun berbeda dengan treadmill. Jika pada treadmill alat yang bergerak dan kita tinggal berlari, maka pada alat ini kaki kita yang menggerakkan alat tersebut. Elliptical bisa dikatakan lebih aman dari treadmill karena pada elipstical sudah tidah ada bounching pada bagian persendian pada ankle dan lutut.


Cross trainer

Alat Fitnes Untuk Mengecilkan Perut

Alat ini juga hampir sama dengan elipstical, yang membedakan adalah cross trainer bekerja pada upper dan lower body. Ketika Anda latihan menggunakan alat ini, maka akan terjadi gerakan meng-cross anatara kaki dan tangan sehingga dalam berlatih pun membuat kita lebih optimal. Alat ini adalah inovasi antara antara treadmill dan elipstical sehingga menjadikannya lebih sempurna.

Sebenarnya tanpa alat kita masih bisa melakukan latihan kardio seperti berenang, jogging, bersepeda, jalan cepat hingga senam aerobik. Namun dengan adanya alat tersebut, dapat mempermudah dan meminimalisir cedera saat latihan. Selamat berlatih!