6 Cara Mengecilkan Betis Kaki Secara Alami



Bagaimana cara mengecilkan betis kaki secara alami? Bagi sebagian besar wanita, memiliki betis kaki yang ramping dapat membuat kaki terlihat lebih panjang. Namun sayangnya tidak semua wanita memiliki betis yang kecil. Ada beberapa hal yang menyebabkan betis menjadi besar, diantaranya adalah lemak dan faktor gen.

Sebenarnya dengan memiliki betis yang besar kita memiliki keuntungan yaitu kuat dalam menopang badan dan memiliki kaki yang putih karena sering tertutupi pakaian. Namun karena terlalu besar, biasanya juga sedikit berat saat berjalan.

Cara Mengecilkan Betis

Cara Mengecilkan Betis

Mengecilkan betis tidak hanya sebatas memangkas lemak pada area tersebut. Jika Anda menginginkan tubuh ideal maka harus mengimbanginya dengan menurunkan berat badan atau mengecilkan perut. Berikut ini beberapa tips mengecilkan betis yang bisa Anda coba:

1. Memperbanyak Latihan Kardiovaskuler
Lakukan beberapa olahraga ringan seperti jogging dan beranang untuk mengecilkan betis. Hindari lari cepat atau sprint dan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan gerak kaki.
2. Hindari Beban Secara Berlebih Pada Tumit Memberikan beban secara berlebihan pada tumit dapat membuat betis semakin besar. Berikan keseimbangan pada seluruh telapak kaki pada saat berjalan.

3. Lakukan Pilates dan Yoga
Beberapa gerakan yoga dapat memberikan efek rileks dan memperlancar peredaran darah dan  membantu keteraturan otot sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan betis yang kecil. Sedangkan pilates dapat  melenturkan dan memperpanjang otot sehingga memberikan postur lebih tinggi.

4. Lakukan Gerakan Ankle Circle
Gerakan ini dapat mengecilkan betis, caranya duduk tegak di atas sebuah kursi, setelah  itu angkat salah satu kaki setelah itu putar ankle (pergelangan kaki) searah jarum jam sebanyak 6 kali. Ulangi gerakan tersebut dengan gerakan melawan arah jarum jam. Lakukan gerakan yang sama secara bergantian antara kaki kiri dan kanan. 

5. Lakukan Latihan Calf Press
Selain Ankle Circle, lakukan juga Calf Press menggunakan alat soleus press. Caranya duduk tegak di papan yang tersedia, kemudian letakkan bantalan penahan di atas paha. Setelah bebannya disesuaikan, naikkan bantalan penahan tersebut dengan cara mengangkat tumit.

6. Menggunakan Elliptical Trainer
Alat ini dapat melatih bagian quadriseps, yaitu sekumpulan otot di atas lutut. Hasilnya betis Anda lebih kecil sesuai dengan yang Anda inginkan.