4 Alasan Perut Sixpack Belum Muncul



Sudah rutin latihan dan mengkonsumsi nutrisi pendukung namun perut sixpack Anda belum muncul? Ketahui beberapa alasan berikut ini yang menyebabkan sixpack belum muncul yang mungkin tidak Anda sadari dan cara mengatasinya.

Perut Sixpack


1. Sixpack Tidak Muncul Karena Area Perut Terlalu Banyak Body Fat
Salah satu alasan sixpack tidak muncul adalah karena area perut tertutup oleh lemak. Seseorang yang memiliki kadar lemak kurang dari 10 persen dapat dengan mudah membentuk dan memahat sixpack. Namun jika kadar lemak lebih dari itu, maka lemak tubuh banyak menumpuk di antara otot abdominis dan kulit.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah rutin melakukan latihan kardio, latihan beban, serta mengatur pola makan.

2. Sixpack Tidak Muncul Karena Otot Kurang Tebal
Jika tubuh sudah ramping dan persentasi lemak tubuh Anda kecil namun belum juga mendapatkan perut sixpack, kemungkinan Anda memiliki otot perut yang kecil.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mempertebal otot perut Anda dengan melakukan berbagai macam latihan beban. Tidak cukup hanya dengan odyweight training seperti sit up, Anda dapat mengkombinasikan beberapa latihan perut seperti Hanging Leg Raises (Flexion dan Extension), Rusian Twist (Rotation), dan Plank (Stabilisasi).

3. Sixpack Tidak Muncul Karena Terlalu Stres
Stres ternyata juga dapat menyebabkan pahatan perut sixpack Anda tidak muncul. Hal ini disebabkan karena stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Ketika hormon ini tidak seimbang, maka Anda akan kesulitan untuk memiliki sixpack.

Terdapat beberapa macam stres, diantaranya bisa dalam bentuk psikologis yang mengganggu emosional, atau stres fisik akibat latihan dan diet yang sangat ketat dan terlalu lama.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan  mengontrol stres agar produksi kortisol seimbang, seperti tidur yang cukup, rutin olahraga, serta asupan nutrisi yang cukup.

4.  Sixpack Tidak Muncul Karena Alkohol
Alkohol memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sekitar 7 kalori per gram, sehingga dapat menghambat sixpack tidak muncul.

Cara terbaik tentu saja dengan berhenti mengkonsumsi alkohol. Selain menghambat program sixpack, alkohol juga berdampak buruk pada kesehatan jangka panjang.

Jika saat ini Anda masih memiliki perut buncit, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjalankan program mengecilkan perut. Jika sudah mencapai target perut ramping, maka bisa memulai beberapa latihan membentuk perut sixpack.